Kalau kamu berfikir untuk melakukan Coming Out tentang identitas seksual kamu dengan orang-orang terdekat, sebaiknya semuanya harus disiapkan, terutama bagaimana menanggapi respon yang mungkin muncul dari orang-orang tersebut. Coba yuk, kita list. Kira-kira apa yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum mantap melakukan Coming Out :
1. Kenapa harus Sekarang ?
Tidak ada patokan waktu tertentu mengenai berapa lama kamu harus melakukan Coming Out. Bagi mereka yang telah melakukan Coming out mereka merasa lebih nyaman dengan Seksualitas yang mereka miliki. Jadi, tanyakan kepada dirimu sendiri, apakah ini juga hal yang kamu inginkan ? Karena ketika kamu sudah melakukan Coming Out, hampir mustahil untuk menyangkalnya kembali.
2. Siapakah yang harus kamu beritahu ?
Coba dengan seseorang yang benar-benar kamu percaya dan yakini dapat memberikan dukungan dan pengertian, lakukan hal ini sebelum kamu melakukannya kepada orang lain
3. Apa yang harus kamu katakan ?
Yang jelas, tidak ada naskah template nya yaaa. Coming out dengan jujur dan terbuka, dan menghormati orang yang kamu ajak bicara, serta mengharapkan hal yang sama datang dari orang yang kamu ajak bicara.
4. Bagaimana jika mereka menunjukan reaksi yang tidak diharapkan ?
Ini adalah hal yang harus selalu kamu persiapkan. Jika mereka menunjukan reaksi yang ekstrim, tetap untuk tenang dan tidak terbawa emosi. Sebelum atau sesudah coming out, kamu tetap seseorang yang sama dengan segala potensi yang kamu miliki. Jangan menjadi depresi dan kecil hati. Beberapa orang mungkin butuh waktu untuk menerima hal ini, berikan mereka waktu, namun tetap sampaikan, Bahwa kamu tetap adalah orang yang sama yang pernah mereka kenal sebelumnya.
5. Apa sih Arti Coming out buat kamu ?

Menjadi nyaman dengan Seksuallitas yang kamu miliki dengan menerimannya adalah hal yang sudah sangat bai. Ketika kamu berharap orang lain juga dapat menerimanya untuk dapat mendukung kamu, tentu hal itu juga merupakan hal yang lebih baik. Nah, pertanyaannya adalah sejauh mana kamu merasa itu diperlukan ? kembali ke diri kalian masing-masing ya

____________________
Ditulis oleh : Setia Perdana

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.