Ting tung..
Sebuah ringtone message cellphone berbunyi. Kamupun segera mengambil cellphone mu dan melihat sebuah text yang dikirim oleh seseorang yang belum kamu kenal.
“Hey blh kenalan?? Stay dimana? T or B?”

T or B, another silly word yang selalu dilontarkan pertama saat mengajak orang berkenalan. Selama ini, hal tersebut bahkan dianggap sebagai sebuah standar baku yang harus dilakukan ketika berkenalan di kalangan gay.

Tapi yang menjadi pertanyaannya sobat bronis, sebenernya penting gak sih mengetahui T or B itu dalam proses mencari pasangan?

Well.. T or B, Top or Bottom.. Sebenarnya hanyalah sebuah sex role diranjang, tapi banyak orang yang pada akhirnya salah menggunakan kata tersebut dalam proses pencarian relasi.  Sebenernya sih, sah-sah saja ketika kita mencari relasi yang sesuai dengan kemauan kita, namun nampaknya agak sedikit kurang etis ketika baru berkenalan saja kita sudah tertuju pada sex role individu tertentu.  Seolah T or B menjadi tonggak penting dalam suatu relasi homoseksual. Padahal kalau ditelusuri lebih jauh, toh kedua hal tersebut sama saja , tidak ada yang lebih tinggi ataupun rendah. Dan jika kita mau menyadarinya, bukankah pada akhirnya rasa nyaman untuk saling melengkapi satu sama lainnya lah yang akan mempererat relasi kita?!

Pada akhirnya, T or B boleh saja digunakan untuk mencari pasangan yang sesuai selera kita, namun jangan jadikan hal itu sebagai suatu hal utama. Pemahaman karakter terhadap calon pasangan kita itu lebih penting. Lebih asik kan ketika kita mencari pasangan yang memiliki minat atau bakat yang sama dengan kita? Atau mungkin memiliki vision yang sama dengan kita terhadap sesuatu, sehingga ketika kita menghabiskan waktu bersama dengannya, hidup kita terasa lebih seru! Lagipula ketika kita menjalin suatu relasi, gak selamanya kita berkutat dengan sex kan? Terkecuali kalau memang kenyataannya seseorang hanya memang mencari pasangan seksual, itu masih bisa ditolerir. Namun lazimnya usahakan untuk bisa mengetahui lebih dahulu apa tujuan dari target kita dalam hidupnya. Apakah memang mencari sex atau sebuah relasi serius (dengan komitmen).

Jadi, kamu T or B?? LoL

Oleh : Franc Colley

One Response Comment

  • Maha  July 23, 2014 at 1:34 pm

    Kalo dr gw sih t/b pertanyaan terakhir dr gw, tp selalu keduluan hahaha
    Kl awal perkenalan sdh menanyakan, sering jawab random, selanjutnya pertanyaan selanjutnya dijawab datar kl jawaban yg dia harap, kl ga cocok dr dianya emg gada pertanyaan lanjutan, slese dan beres.

    Menjadi penting kadang, tp kl hati udh cocok, dan komitmen menjalani Role sama bs dikomunikasiin, dikompromiin, tp jgn ada pemaksaan dan eksploitasi. Dan dlm LTR proses ttg sex dan yg lainnya akan panjang, ada bnyk penyesuaian dlm mengkonstruksi relationship utk tumbuh dan berkembang, jg mengkonstruksi 2 org masing2 di dalamnya sbg individu

    Reply

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.