Sobat Bronis, penerimaan diri bukanlah hal yang mudah. Setiap orang memiliki proses dan perjalanan hidup yang berbeda-beda. Inilah yang dialami oleh Antonio Blanco, seorang gay berstatus HIV positif yang dengan gamblang menuliskan perjalanan hidupnya. Dalam buku “My Life, My Story”, Antonio bermaksud untuk menginspirasi orang-orang muda untuk sadar akan pentingnya pencegahan HIV.

Perjalanan ini dimulai dari cerita masa kecil Antonio yang lahir dalam keluarga sederhana. Sejak kecil, Antonio sudah terbiasa hidup dalam keserhanaan. Beruntung ia kerap menjadi siswa berprestasi di usia sekolahnya. Walau sejak kecil ia sering dipanggil Nur Betty, karena karakternya yang feminin. Antonio mulai memasuki tahap eksplorasi kehidupan seksualnya di masa kuliah. Ia tinggal seorang diri di Jakarta, hidup bebas sebagai anak kost. Di situlah ia melakukan berbagai aktivitas seks berisiko. Informasi tentang HIV & AIDS hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

Antonio juga suka berlibur di Bali. Sebelum berangkat, ia menghubungi beberapa bule untuk bertemu. Di sanalah ia bertemu Mr. Paul, seseorang yang memberikannya informasi tentang HIV dan IMS. Dari pertemuannya dengan Mr. Paul juga, Antonio kemudian melakukan tes HIV di Klinik Bali Medika. Hasil tes tersebut menyatakan bahwa Antonio positif HIV.

Dari situlah Antonio mulai sadar akan banyak  hal. Tentang penerimaan diri, coming out, hubungan seks yang aman, dan dukungan sebaya. Sejak saat itu ia terbuka mengenai status dan orientasi seksualnya pada keluarganya. Karena baginya, hanya keluargalah yang dapat selalu mendampingi dalam menjaga kondisi kesehatannya. Antonio pun mulai mendedikasikah hidupnya untuk ODHA.

Membaca buku ini seperti membaca catatan harian penulisnya. Bahasanya mudah dipahami. Beberapa penjelasan tentang HIV dan IMS juga dikemas dengan baik. Inilah kelebihan dari buku yang berasal dari pengalaman pribadi penulisnya. Pembaca ikut merasakan pergolakan batin yang dirasakan oleh penulis. Maka, buku ini tidak hanya menyajikan informasi tertulis semata.

Sobat Bronis,  My Life, My Story merupakan satu dari banyaknya kisah gay muda berstatus positif. Keberanian penulis dalam menuliskannya merupakan inspirasi bagi kita semua. Bahwa setiap orang memiliki kisah yang dapat menjadi pelajaran di masa depan. Tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain.

Oleh: Abhipraya Ardiansyah

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.