Teman-teman dari Sanggar SWARA di kegiatan Jalan Sehat warga
Photo by: Arus Pelangi 

Merdeka!! Merdeka!! Merdeka!!

Sobat Bronis, kita baru saja memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. 70 tahun sudah kita merdeka. Kalau dibandingkan dengan umur manusia sih, negara kita udah memasuki umur lansia. Banyak dinamika yang terjadi dalam kehidupan bangsa Indonesia. Ya! Negara kita adalah negara yang kaya akan keberagaman. Baik suku, agama, budaya, dll. Kita juga tahu bahwa ada bentuk keberagaman lain di tengah-tengah masyarakat, yaitu keberagaman gender dan seksualitas.

Hari Kemerdekaan merupakan moment untuk merayakan segala bentuk keberagaman yang ada pada bangsa Indonesia. Tahun ini, beberapa komunitas LGBT di beberapa daerah pun turut meramaikan perayaan Hari Kemerdekaan.

Di Jakarta, kawan-kawan waria dari Sanggar SWARA dan Arus Pelangi turut  berpartisipasi pada kegiatan Jalan Sehat RW 03 Cipinang Besar Utara. Di Bekasi, teman-teman dari Sahabat Muda Bekasi juga ambil bagian dalam kompetisi futsal bersama warga. Kawan-kawan waria dan transmen di Sleman, Yogyakarta, turut merayakan Hari Kemerdekaan dengan mengikuti Upacara Bendera dan lomba-lomba di Kesusteran.

Tidak hanya di Jawa, Cangkang Queer Medan pun ikut berpartisipasi dalam acara perayaan Kemerdekaan bersama Aliansi Sumut Bersatu. Kawan-kawan waria di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, juga ikut meramaikan kegiatan Gerak Jalan.

Sobat Bronis, Hari Kemerdekaan membuktikan bahwa LGBT juga merupakan bagian dari bangsa Indonesia. Mereka membaur dalam masyarakat dengan menjunjung adab yang dimiliki masing-masing daerahnya. Karena kemerdekaan adalah milik semua orang, tidak hanya golongan mayoritas. Walaupun masih menjadi kelompok minoritas, LGBT jugalah warga Indonesia yang mencintai bangsa dan negaranya. Lantas, masih pantaskan LGBT menerima perlakuan diskriminatif?

Bangsa ini membutuhkan perubahan! Semoga perlibatan kecil kawan-kawan LGBT dalam Hari Kemerdekaan membuka mata bangsa kita, bahwa sesungguhnya LGBT juga saudara mereka.

Salam Keberagaman!

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.