Sobat Bronis punya teman atau keluarga transgender? Pernah tahu gimana suka duka mereka dalam mengakses ruang-ruang publik? Dari yang paling sederhana aja, toilet umum. Apa sobat Bronis pernah mendengar pengalaman teman transgender saat masuk ke toilet umum? Apalagi di toilet dengan gender yang mereka hayati.

Nggak hanya di Indonesia, di belahan bumi lainnya pun masih banyak terjadi kekerasan pada transgender. Potensi kekerasan yang paling besar berasal dari ruang-ruang krusial, misalnya toilet umum. Nggak sedikit transgender laki-laki yang mendapatkan serangan fisik, verbal, bahkan seksual di dalam toilet umum. Begitu juga transgender perempuan yang sering mendapatkan kekerasan verbal di dalam sana. Masa iya teman-teman transgender harus menahan pipis berjam-jam di luar rumah karena merasa terancam berada di toilet umum?

Karena itu, beberapa aktivis di Amerika Serikat mengadakan kampanye #IllGoWithYou. Kampanye ini mengajak kamu, yang memiliki teman-teman atau kerabat transgender, untuk membantu teman-teman kalian mengurangi ketakutannya untuk berada dalam toilet umum. Buat temen-temen gay, kalian bisa lho jadi teman yang supportif untuk teman-teman kalian yang transman. Begitu juga teman-teman lesbian, kalian bisa menemani teman-teman transwoman kalian. Kenapa? Agar teman-teman transgender kamu terhindar dari kekerasan dan merasa nyaman untuk berada di toilet umum.

Gimana caranya berpartisipasi dalam #IllGoWithYou?
Kamu bisa mencetak sendiri pin yang sudah didesain pada website #IllGoWithYou. Kamu juga bisa meminta pada organizer kampanye ini jika kamu membutuhkan stok pin untuk kampanye di tempat tinggalmu masing-masing. Dengan memakai pin ini, berarti kamu bersedia menjadi volunteer untuk membantu teman-teman transgender dalam menghadapi risiko kekerasan di dalam toilet umum. #IllGoWithYou juga menyediakan material kit untuk kamu yang membutuhkan teknik komunikasi yang dapat digunakan untuk menolong teman-temanmu yang berpotensi atau sedang mengalami kekerasan.

So, tunggu apa lagi sobat Bronis? Yuk kita bantu teman-teman transgender untuk mengakses toilet umum dengan nyaman!

Sumber: http://www.illgowithyou.org/

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.