Sobat Bronis inget nggak ada apa minggu ini?

Ya! Setiap tanggal 10 November rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Kalau nggak ada pahlawan, mungkin sekarang kita belum merdeka. Belum ada perubahan pada bangsa kita. Kalau pahlawan kita terdahulu adalah mereka yang berjuang untuk mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan dari penjajah, bagaimana dengan pahlawan masa kini? Satu hal yang harus kita ketahui, apapun bentuknya, pahlawan adalah mereka yang memperjuangkan perubahan.

Khusus untuk Hari Pahlawan ini, tim Bronis mempersembahkan 5 tokoh gay dan queer yang membawa perubaan besar pada dunia. Check this out ya!

1. Alexander The Great (356-323 SM)
Raja Macedonia, Yunani yang membangun kekaisaran terbesar yang luasnya mencakup Eropa dan Asia. Alexander adalah pemimpin yang paling berpengaruh dalam sejarah dunia. Tanpa Alexander, mungkin jalur perdagangan darat di daratan Eropa-Asia nggak akan terbuka. Alexander menjalin “hubungan” dengan Hephaistion, sahabatnya sejak kecil. Kematian Hephaistion menimbulkan duka bagi Alexander, seluruh Persia pun berkabung.

2. Oscar Wilde (1854-1900) 
Seorang penulis, penyair, dan dramawan dari Irlandia. Dalam karya-karyanya, Oscar menggambarkan berbagai variasi seksualitas dalam kemasan humor yang cerdas. Karena literatur merupakan media edukasi terbaik yang tidak akan hilang oleh masa.

 

3. Alan Turing (1912-1954)
Ahli komputer dan matematika yang berhasil memecahkan kode Enigma Jerman pada Perang Dunia II. Alan mampu membuktikan bahwa LGBT tidak hanya bisa menjadi ahli di bidang seni, tapi juga di bidang sains dan teknologi. Alan bunuh diri karena dikriminalisasi sebagai homoseksual oleh pemerintah Inggris.

 

4. Sylvia Rivera (1951-2002)
Aktivis transgender, drag queen, pemimpin Stonewall, anggota pendiri dari Gay Liberation Front dan Gay Activist Alliance, berkontribusi dalam mendirikan Street Transvestite Action Revolutionaries.

5. Leonard Matlovich (1943-1988) 
Seorang sersan teknis dan veteran pasukan yang bergabung dalam Perang Vietnam yang menerima penghargaan Purple Heart. Merupakan gay pertama yang out dalam dunia militer ketika dirinya bertugas dalam US Air Force.

Sumber:
http://www.bilerico.com/2011/08/the_top_20_most_important_lgbt_figures_in_history.php

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.