Hari Minggu (22/11) lalu, di Taman Suropati, Jakarta Pusat diadakan acara piknik santai oleh komunitas transgender dalam memperingati Transgender Day of Remembrance. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Sanggar SWARA, Transmen Indonesia, Arus Pelangi, dan Forum LGBTIQ Indonesia. Dalam kegiatan ini, komunitas transgender berkumpul untuk mengajak pengunjung Taman Suropati mendukung hak-hak transgender.

Kegiatan ini bertemakan Spread The Love: Lebih Intim Dengan Transgender. Dengan mengusung tema besar Setara Dan Sama. Komunitas transgender yang terdiri dari transman dan transwoman di Jakarta berkeliling di sekitar taman dan melakukan pembagian stiker dan pin. Cara ini digunakan untuk mengajak masyarakat menandatangani kain putih sebagai bukti dukungan dan menjelaskan tentang Hari Transgender. Selain itu, beberapa teman transgender juga membawa kertas bertuliskan “I am Trans. Hugh me!” di sekitar center point untuk mengajak masyarakat lebih bersahabat dengan transgender. Antusiasme masyarakat pun baik, banyak pengunjung yang memeluk teman-teman transgender dan mengajak mereka berfoto bersama.

Tidak hanya komunitas transgender saja yang berpartisipasi dalam kegiatan piknik seru ini. Beberapa sahabat, teman, dan keluarga transgender juga hadir di Taman Suropati. Mereka juga mengajak pengunjung taman untuk memberikan tanda tangan dan berfoto bersama dengan transgender.

Saat hari mulai gelap, acara ini diakhiri dengan menyalakan lilin bersama. Renungan lilin ini adalah tradisi yang dilakukan dalam memperingati TDOR. Masih banyak nama-nama yang disebutkan. Karena masih banyak teman-teman transgender yang meninggal karena kebencian, kekerasan, ketidakadilan, dan segala hal yang terkait dengan identitas gender mereka. Harapannya, semoga di tahun berikutnya nama-nama yang disebutkan semakin sedikit. Karena kesadaran masyarakat dan pemerintah tentang keadilan bagi transgender akan semakin meningkat. Ya, transgender juga manusia yang berhak hidup setara dan sama dengan manusia lainnya.

Oleh: Abhipraya Ardiansyah

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.