Guysssssssssssss…

Sebagai seorang remaja begitu banyak problem yang kita hadapi. Masalah percintaan, pertemanan, hubungan dengan keluarga, urusan kuliah, kerjaan, dan banyak permasalahan demi permasalahan lainnya. Tapi, apakah kamu pernah membayangkan hidup dengan HIV di usia remaja?

Mungkin tak pernah….

Itulah yang saya lalui dan hadapi diusia remaja saya sampai sekarang. Hidup dengan HIV karena kebodohan saya sendiri. Karena kekurangtahuan saya terhadap informasi kesehatan, terutama tentang HIV. Memang saya sampai sekarang bisa mengakses pendidikan sampai bangku kuliah tapi pengetahuan saya tentang HIV bisa dikatakan NOL. Sampai akhirnya virus ini menjadi teman seumur hidup saya.

Hidup dengan HIV pada usia remaja tidaklah mudah tapi saya bisa menjalaninya. Sampai sekarang hanya ARV (antiretroviral) yang menjadi teman setia saya. ARV adalah obat yang digunakan untuk menekan jumlah virus HIV di dalam tubuh kita. Obat ini harus diminum patuh sesuai jam yang sudah saya tentukan untuk seumur hidup.

So… buat kamu yang belum tes HIV atau masih ada ketakutan untuk tahu statusnya, buruan datang ke klinik yang bisa untuk tes HIV sekarang juga. Semakin kamu tahu lebih awal apa status HIV-mu, maka kamu juga lebih tahu tindakan apa yang akan kamu rencanakan. Berusaha mempertahankan status negatifmu atau memulai untuk ARV jika sudah positif.

Tak usah takut sebagai orang yang hidup dengan HIV. HIV bukanlah akhir dari hidup dan perjuangan. Walau hidup dengan HIV, kita masih bisa berkarya dan bersosialisasi sama seperti orang lain. Yang terpenting kita harus menjaga kesehatan kita dan memperhatikan pola makan.

HIV IS NOT CRIME …

Oleh: Wiratama

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.