“Semua perempuan adalah cantik, dan semua laki-laki adalah tampan”

Lips03

 

Apakah sobat bronis sepakat dengan pernyataan diatas? Hemm, sebenarnya apa sih definisi cantik itu menurut sobat bronis? Bagi Brondong Manis, cantik adalah ketika sobat menjadi  seperti  apa  adanya sobat bronis saat ini, bukan karena sobat bronis harus bermake-up, bukan karena sobat harus membeli barang mewah.

Brondong Manis kali ini akan membahas mengenai konsep kecantikan. Konsep kecantikan memang berbeda-beda di setiap daerah bahkan disetiap zaman. Jika kita mendefinisikan cantik, akan sangat banyak sekali definisi mengenai cantik di dunia ini. Tapi kali ini Brondong Manis akan coba untuk membahas cantik untuk perempuan dan yang merasa dirinya perempuan.

 

 

Tidak ada yang sempurna

Mari kita lihat kecantikan yang diagung-agungkan dunia. Siapa yang tidak kenal dengan Marlyn Monroe? Seorang perempuan cantik dengan wajah putih halus, tubuh ramping dan jenjang, berkulit bersih, rambut pirang, hidung yang mancung, mata yang indah, ditambah lagi dengan karirnya yang begitu cemerlang. Semua komponen tersebut membuat Marlyn Monroe menjadi orang yang dianggap cantik oleh dunia. Namun, Marlyn Monroe memutuskan untuk bunuh diri di usia 36 tahun. Ini artinya Monroe bukanlah perempuan yang sempurna yang kita agung-agungkan. Dibalik kesempurnaannya ia memiliki masalah yang mungkin menyebabkan ia harus memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Buat sobat bronis yang minder dibilang tidak cantik, terlebih buat bronis yang melakukan transisi gender. Penting banget buat sobat bronis paham bahwa konsep cantik itu dibentuk oleh masyarakat. Misalnya teman-teman waria, teman-teman sebenarnya sudah cantik kok sejak lahir. Tidak perlu penyesuaian berlebihan untuk menjadi lebih cantik. Toh ketika kita cantik, belum tentu kita bahagia bukan?

Apalagi buat teman-teman remaja yang emosinya sedang berada pada tahap labil. Yang namanya cantik demi eksistensi kita di masyarakat itu gapapa kok guys. Tapi kita juga perlu melihat apakah ada keuntungan bagi diri kita, atau justru tampil “cantik” malah membuat kita semakin terpuruk.

Siapa takut?

Siapa yang takut dianggap tidak cantik? Sobat bronis itu cantik kok. Menurut Brondong Manis, setiap manusia dilahirkan sempurna. Karena manusia yang sempurna adalah manusia yang memiliki ketidaksempurnaan. Nah, artinya kita semua memiliki ketidaksempurnaan, so jangan takut untuk menjadi tidak sempurna. Menurut Reza A Wattimena kesempurnaan adalah suatu situasi, di mana segala yang ada berjalan sesuai rencana. Bagaikan mimpi semua harapan terpenuhi, tanpa terkecuali,target diperoleh. Surga tampak tak terlalu jauh di atas sana, melainkan sudah ada di bumi ini. Jangan sampai usaha  sobat bronis untuk menjadi sempurna justru membuat tidak sempurna dalam hidup sobat. Misalnya ketika melakukan transisi untuk teman-teman waria maupun teman-teman transman. Perlu banget sobat bronis memahami dampak kesehatan dari penggunaan hormonal, dan sebagainya. Jangan sampai sobat Bronis terjebak dalam definisi cantik yang masyarakat buat.

Bronis selalu ingat kalimat yang dilontarkan oleh Lady Gaga dalam lagunya yang bertajuk Born This Way:

No matter gay, straight, or bi,

Lesbian, transgendered life,

I’m on the right track baby,

I was born to survive.

Bener banget apa yang dikatakan oleh penyanyi kelas internasional satu ini. Gak masalah orientasi seksual, jenis kulit, atau etnis sekalipun, kita memang dilahirkan seperti kita apa adanya.

 

Oleh : Achmad Mujoko

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.