broniss-danishFilm The Danish Girl adalah film yang diproduksi di Denmark yang mengangkat cerita tentang Waria yang melakukan operasi transplantasi rahim pertama di dunia. Cerita ini diangkat dari novel berjudul “Man into Woman” yang terbit di tahun 1993 dan juga diangkat dari buku harian Lili Elbe. Jadi, cerita yang diangkat menjadi film ini adalah cerita nyata yang dialami oleh Einar Magnus Andreas Wegner yang bertransisi menjadi Lili Ilse Elvenes.

Film keluaran tahun 2015 ini disutradarai oleh Tom Hooper. Pemeran sebagai Lili Elbe yang sekaligus sebagai Einar Wegner adalah Eddie Redmayne yang juga pernah berperan sebagai Stephen Hawking dalam film bertajuk The Theory of Everything. Eddie juga memainkan perannya sebagai Lili dengan sangat baik, perawakan cantik ala-ala perempuan 1900-an sangat kental di wajah Eddie ini. Selain itu, Gerda Wegener atau isteri Einar diperankan oleh Alicia Vikander.

Film ini menceritakan kehidupan Einar yang bekerja sebagai pelukis pemandangan alam yang menjadi pelukis yang tersohor di Copenhagen, Denmark. Sementara itu, istrinya, Gerda, adalah pelukis wajah yang masih berjuang mencari eksistensinya di kancah seni Denmark. Hingga beberapa pakar seni di Denmark awalnya menyatakan bahwa lukisan Gerda masih belum layak untuk dipamerkan. Hingga suatu saat, Gerda menjadikan suaminya untuk menjadi model karyanya. Suaminya diharuskan menggunakan pakaian perempuan dan berpenampilan perempuan. Awalnya Einar menolak, namun ketika ia mencoba pakaian perempuan, ia merasakan kenyamanan. Dan menjadi dirinya sendiri.

Awalnya, Einar menyatakan bahwa Lili adalah “adiknya”. Karena Einar merasa bahwa Lili adalah dirinya yang lain. Lama kelamaan, Einar menjadi semakin nyaman dengan dirinya dengan menggunakan busana dan berperawakan perempuan. Hingga pada akhirnya, Einar menyatakan diri, bahwa ia bukanlah Einar lagi, namun sudah menjadi Lili. Lili tidak lagi mau dipanggil Einar, dan memilih melegalkan namanya sebagai Lili. Dengan bantuan dokter, ia juga mengonsumsi hormonal untuk melakukan penyesuaian tubuhnya. Hingga ia memutuskan untuk mengganti kelaminnya menjadi perempuan.

Setelah Lily sukses mengganti kelaminnya menjadi perempuan. Lily memutuskan untuk mengambil langkah lebih lanjut, ia memilih untuk menanamkan rahim di dalam tubuhnya agar ia bisa memiliki anak dan menjadi perempuan seutuhnya. Namun sayangnya, setelah operasi penanaman rahim itu. Ia mengalami infeksi karena penolakan organ terhadap tubuhnya dengan hebat.

Cerita sarat makna perjuangan waria ini direkomendasikan banget buat sobat bronis yang ingin mengetahui bagaimana sulitnya perjuangan seorang waria.

Oleh : Achmad Mujoko

Referensi: http://www.kakaeynotes.com/2016/02/review-the-danish-girl.html

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.