DENGAN STATUS ODHA BAGAIMANA POLA HIDUP YANG AKU JALANI SEKARANG?

 

Apakah dengan status ODHA kita akan terus-menerus galau? Depresi? Menutup diri? Stop untuk melakukan hal itu! Dengan status ODHA hidup harus berjalan, show must go on, istilah kerennya. Tapi bagimana pola hidup ODHA seharusnya? Tentang hal ini aku banyak melakukan konsultasi dengan dokter, orang yang ahli atau paham tentang HIV/AIDS dan ODHA yang punya pengalaman juga penting aku dengarkan nasihatya. Tidak kalah pentingnya aku juga searching di Internet tentang hal-hal yang berkenaan dengan pola hidup ODHA yang sehat dan membaca banyak buku tentang HIV/AIDS. Hal-hal yang didapat dari hasil searching di internet atau buku-buku yang kubaca biasa aku konsultasi atau aku tanyakan kembali ke dokter atau didiskusikan pada saat pertemuan KDS (Kelompok Dukungan Sebaya).

Selain minum ARV yang teratur, bagaimana pola makan yang aku jalani sekarang? Penting bagiku setiap hari untuk makan sayur-sayuran, buah-buahan selain makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Semua harus mengandung nilai gizi yang cukup. Sore hari biasanya aku minum susu sapi murni. Susu mengandung yang protein yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh. Mengurangi rasa mual karena efek obat ARV aku minum air perasan kunyit, ternyata memang kunyit sangat manjur untuk mengurangai rasa mual. Aku mengkonsumsi herbal , misal daun sambiloto untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran juga temulawak untuk kesehatan hati. Jika kamu ingin mencoba silahkan konsultasikan dulu ke dokter yang menangani, karena biasanya reaksi tubuh berbeda-beda terhadap herbal. Hentikan pemakaian jika memang herbal tesebut mengganggu kinerja obat ARV dalam tubuh kamu.

Selain pola makan yang baik, olah raga juga aku lakukan walaupun jalan-jalan kecil di pagi hari, kadang bermain badminton, olah raga yang aku lakukan tidak berat, karena aku harus mengukur sendiri kemampuan diriku. Istirahat yang cukup, tidak stress, ya semua yang terjadi pada diriku, aku syukuri, percaya bahwa ada rencana Tuhan yang baik pada diriku. Merokok sebaiknya ditinggalkan. Bukankah orang yang bukan ODHA juga dianjurkan untuk tidak merokok? Lebih baik jangan begadang, bukankah H. Rhoma Irama juga menganjurkan jangan begadang, kalau tidak ada artinya? Bagaimana dengan making love dengan pasangan atau swalayan (onani atau masturbasi) bolehkah? Kalau aku sendiri, aku melihat kemampuan diriku, dalam hal ini kitalah yang tahu seberapa sering kita dapat melakukannya.

Nah, inilah pola hidup yang aku jalani sebagai status ODHA, sejauh ini kondisiku baik, aku bahagia dengan apa adanya diriku.

Powered by WPeMatico

No Comment

Comments are closed.