Mungkin sobat bronis langsung bertanya apa bagusnya patah hati. Jangan salah, melalui patah hati terkadang kita menemukan diri kita dan menjadi momen untuk bangkit dari keterpurukan. Lagian, lagu-lagu terbaik dunia kebanyakan juga tentang patah hati.

Saat mengalami patah hati, kita mungkin tidak bisa melihat apa bagusnya karena diri kita masih dibutakan rasa sakit yang mendera. Tapi ketika sudah bisa berpikir jernih, kita akan sadar begitu bermanfaatnya patah hati. Berikut beberapa alasannya diambil dari laman elitedaily.com

 

  1. Menjadikanmu Bersyukur

Patah hati memang sakit, tapi mungkin itu juga salah satu cara untuk menunjukkan bahwa dia bukan orang yang tepat untuk kita. Jadi jangan lama-lama memikirkan apa yang baru hilang. Lebih baik bersyukur sekarang kamu lebih bebas memilih.

  1. Sebuah Titik Balik

Sebelum patah hati, kamu selalu berada di zona nyaman. Lalu tiba-tiba kamu dihempaskan ke titik terendah dalam hidupmu. Apakah kamu mau berlama-lama di sana? Tentu tidak. Jadikan itu sebagai titik balik dan kembali meraih apa yang kamu cita-citakan.

  1. Semua Ada Waktunya

Kadang kita menang, kadang kita kalah. Mungkin sekarang musim hujan, beberapa bulan lagi musim kemarau. Sekarang patah hati? Jangan khawatir nanti kamu akan kembali dipenuhi cinta. Karena itulah pasang surut hidup. Semua itu normal kok.

  1. Masih Banyak Yang Menyayangimu

Memang logis hati terasa remuk ketika kehilangan seseorang yang sangat dicinta. Tapi satu yang perlu diingat, hidup tidak berpusar pada kalian berdua. Di sekeliling masih banyak orang yang menyayangimu. Jangann memfokuskan diri pada satu orang yang meninggalkanmu, sedangkan masih banyak yang peduli kepadamu. Dan yang paling penting, cintai dirimu sendiri.

  1. Membuatmu Berani

Satu keberanian dalam hidup adalah melepas segala yang membuatmu terluka. Karena terkadang kita harus pasrah dan menerima masa yang telah berlalu. Berhenti bertanya kapan luka ini berakhir. Tapi fokus pada apa yang bisa diambil dari pengalaman ini. Evaluasi diri dan segera move on. Biarlah masa lalu menjadi pelajaran, bukan menjadi penyakit. Memang tidak mudah, tapi hasilnya akan sepadan.

  1. Sendirian Bukan Berarti Kesepian

Beranilah berjalan sendiri dan jangan takut untuk menikmatinya. Sudah saatnya menjalani hidup dengan kepala tegak. Kamu bebas memberi batasan, dan usir saja orang-orang yang melanggar batasan itu. Jangan pernah merasa bersalah karena single. Dan hanya karena single, kamu tidak harus selalu siap untuk menerima hubungan baru. Seperti pembahasan sebelumnya, sebenarnya kamu tidak benar-benar sendiri kok. Jadi jangan takut kesepian. Asal kamu selalu jujur pada diri sendiri.

  1. Dicintai Itu Anugerah

Kata orang, lebih baik pernah dicintai lalu putus daripada tidak pernah dicintai sama sekali. Mungkin terlihat klise, tapi itu sungguh benar. Cinta memang penuh risiko, tapi tidak pernah merasakan cinta jauh lebih berisiko. Mungkin kita bisa terluka karena cinta, tapi kita tumbuh dan belajar dari sana. Kita akan mencintai dengan cara yang sedikit berbeda setiap waktu. Cinta yang baru adalah pengalaman baru. Karena cinta itu anugerah.

  1. Belajar Sabar

Terkadang hal terbaik dalam hidup terjadi saat proses menunggu, bukan pada saat momen yang kita nantikan. Kita menunggu kenapa belum ada yang mendekati kita, kenapa cinta itu tak kunjung datang. Justru di sanalah kesabaran kita benar-benar diuji. Dan di sana pula kita akan tahu kualitas diri kita.

Kita memang tidak bisa mengontrol semesta, tapi setidaknya kita bisa mengontrol apa yang sudah kita punya. Kita tidak bisa mengontrol masa lalu dan masa depan. Tapi kita bisa menikmati hidup kita sekarang sambil merencanakan segala yang ingin kita raih di masa depan. Jadi kamu sedang merasa patah hati? Tak perlu menengok kanan kiri untuk mencari sosok pahlawan, karena dirimulah sang pahlawan (NFD).

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.