Hai Sobat Bronis, kamu ikut memperhatikan hashtag #pride dan #pridemonth yang lagi populer di berbagai sosial media seperti Twitter dan Instagram? Yup! Juni adalah LGBT Pride Month yang dikenal untuk merayakan setiap tahunnya di bulan Juni sebagai bentuk penghormatan perjuangan Stonewall di Manhattan pada tahun 1969. Perjuangan Stonewall adalah titik poin dari Gerakan Pembebasan Gay di Amerika Serikat. Di AS, hari minggu terakhir di bulan Juni disebut sebagai “Gay Pride Day”, meski sebenarnya untuk merayakan Pride itu bisa di hari apa saja.

Pride dalam bahasa Indonesia berarti Bangga, tentu ini ditujukan agar kita bangga dengan apa yang ada di diri kita menjadi Gay. Saat ini, perayaan pride itu bisa dalam bentuk parade, piknik, pesta, workshop, symposium, konser. Terutama perayaan pride ditujukan sebagai bulan untuk menampilkan kisah-kisah yang dialami oleh individu-individu lesbian, gay, biseksual dan transgender baik secara lokal, nasional dan internasional. Perayaan pride menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Sebagai contoh perayaan Pride dalam bentuk Parade menampilkan berbagai macam orang yang mengenakan atribut pelangi dan konstum-kostum yang menarik perhatian.

Faktanya, di tahun 2017 ini perayaan pride diadakan setiap bulannya di seluruh dunia. Banyak kota di seluruh dunia yang bergabung untuk perayaan ini, kamu bisa cek di mesin pencari Google. Kalau kamu berencana ikutan, kamu perlu ajak teman-teman kamu karena merayakan menjadi diri sendiri, kamu perlu teman-teman yang juga mendukungmu. Selamat merayakan Pride karena kita menjadi diri sendiri tidak perlu malu!

Sumber:

https://www.loc.gov/lgbt-pride-month/about/

http://www.gaypridecalendar.com/

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.