Manage Your Money

Kalau ngebahas duit pasti jadi hal yang menarik nggak sih? bisa iya bisa nggak jawabannya. Menarik kalau menguntungkan. Itu sih menurut Gue.

Nah mau Loe HIV+ atau nggak sebenernya pengaturan duit nih puenting buanget lho.

Gue pernah ngalamin punya masalah keuangan yang susah banget tapi waktu itu Gue mencoba membuat perencanaan dan ternyata bisa diselesaikan. Gue selalu percaya nggak ada masalah tanpa solusi. Termasuk masalah keuangan.

Manjadi HIV+ membuat kita seakan bakal mati besok. Sebenernya nggak gitu juga sih. Semua bisa mati kapan aja. Tapi ini sebenernya bisa jadi moment buat kita memperbaiki keuangan kita dengan me-manage-nya dengan baik. Nggak peduli Loe kaya atau biasa aja kayak Gue. Perencanaan keuangan itu penting.

HIV+ bikin tubuh kita jadi lebih ringkih sebenernya dan menurut Gue penting banget buat merencanakan keuangan. Ini tips berdasarkan pengalaman Gue.

  1. Coba mulai nulis deh masalah keuangan kita apa aja.

Tujuannya biar kita tahu prediksi apa aja yang bakal keluar dan apa aja utang kita. Jadi minimal kita jadi tahu seberapa gede masalah keuangan kita. Nggak perlu minder sama duit. Semua cuma titipan. Yang duitnya banyak sebenernya lebih ruwet sih masalahnya. hehehehe.

  1. Tulis kemungkinan solusi masalah itu. entah minjem entah nabung entah investasi. Yang penting caranya harus sesuai sama kaidah agama dan norma hukum yang berlaku. Jangan mentang-mentang kita bermasalah jadi kriminal ya. Itu bakal nambah masalah nggak jadi solusi.
  1. Tetepin target buat tenggat waktu menyelesaikan masalah keuangan kita. Kalau mungkin bingung Loe bisa tanya ke orang yang lebih ngerti. Yang jelas bikin target itu akan bikin kita jadi lebih semangat buat nyelesaiin masalah kita, apapun itu.
  1. Sempetin nabung dan investasi. Nah ini kalau masalah keuangan kita dirasa udah mulai OK. Ndak ada salahnya tho kita mulai mikir masa depan. Nabung itu menurut pengalaman Gue ampuh banget, Apalagi kalau bisa investasi. Saran Gue kalau mau investasi juga pastiin Loe nggak menginvestkan semua duit Loe. Soalnya investasi itu ada untung ruginya. Dan sebaiknya banyak baca referensi sebelum mulai melakukan investasi. Loe bisa banyak baca artikel di web lain. hehehehe…
    Tujuannya kita akan bisa punya dana untuk mimpi-mimpi kita dan hal yang tidak terduga.
  1. Sisihin dana buat kebutuhan pribadi dan kebutuhan orang lain. Jadi orang HIV+ itu membuat kita semakin sadar kalau masih banyak orang yang menganggapnya sebelah mata. Tapi kalau kita selalu meluangkan apa yang kita punya buat orang lain pasti bakal merubah stigma itu. Jadi siapin kebutuhan kita dengan pas nggak kurang nggak lebih. dan sisanya bisa kita bagi ke orang lain. Berbagi akan membuat mood kita bagus dan ngeffect banget ke kesehatan kita. Itu kenapa berbagi itu bisa menambah umur. 🙂

HIV+ bukan jadi halangan kita buat bikin kaya dan membahagiakan orang lain dengan cara yang baik.

Keep fighting!!!
sumber: Sahabat Gue – Pembaca artikel guebisa.org

Photo by google

Powered by WPeMatico

No Comment

Comments are closed.