Sejak lahir, manusia telah memiliki hak asasi yang harus dijunjung tinggi dan dihormati oleh semua orang. Akan tetapi hak asasi sering kali dilanggar oleh manusia demi mempertahankan hak pribadinya. Sebenarnya apa sih hak asasi manusia itu?

Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang dimiliki manusia sejak lahir yang harus dijaga, dihormati, dijunjung tinggi, dan dipenuhi oleh negara. Hak Asasi Manusia muncul dari keyakinan bahwa sebagai makhluk ciptaan Tuhan, manusia adalah sama dan sederajat.Hingga saat ini, masih banyak yang menentang keberadaan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

HAM di anggap sebagai “Produk Barat” yang tidak sesuai dengan adat ketimuran. Faktanya, Indonesia lebih dulu menuangkan prinsip-prinsip HAM dalam Undang- Undang Dasar pada tahun 1945 seiring dengan kemerdekaan Indonesia. Sementara dokumen Internasional hak asasi manusia yaitu Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) baru di sahkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1948 di Paris.

Banyak yang kurang memahami perbedaan antara HAM dengan hak pribadi. Banyak juga yang mengaitkan HAM dengan kewajiban sebagai warga negara. Faktanya, warga negara tidak memiliki kewajiban apapun dalam upaya pemenuhan hak asasinya. Negaralah yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap HAM untuk warganya. Sebagai contoh : Negara memiliki kewajiban untuk menyediakan lapangan pekerjaan agar setiap warga negara memiliki pekerjaan dengan upah yang layak.

Sementara dalam pemenuhan hak pribadi, seseorang memiliki kewajiban yang terlebih dahulu di lakukan sebelum menerima haknya. Sebagai contoh : seseorang harus melaksanakan pekerjaan terlebih dahulu sebelum mendapatkan gaji.

 

Oleh : Irfani

 

 

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.