LAYANAN KESEHATAN RAMAH REMAJA

Halo Sobat Bronis kali ini kita akan membahas mengenai Layanan kesehatan ramah remaja, merupakan layanan kesehatan yang diperuntukan bagi remaja, yang berhubungan dengan kesehatan seksual dan reproduksi. Ramah menurut kalian itu seperti apa ya, ramah sudah pasti yang ada di benak kalian adalah petugas yang ramah dan murah senyum, ternyata bukan itu saja loh Sobat Bronis, menurut WHO Layanan Ramah Remaja itu diantaranya :

  1. Kebijakan yang peduli remaja, antara lain: memenuhi hak remaja; mengakomodasi semua populasi remaja tanpa memandang status, etnisitas, kecacatan; memperhatikan keadilan gender; menjamin privasi/kerahasiaan; mempromosikan kemandirian remaja termasuk tidak mensyaratkan persetujuan orang tua dan memberikan kebebasan berkunjung; serta menjamin biaya yang terjangkau atau gratis.
  2. Prosedur pelayanan yang peduli remaja, antara lain: menjaga aspek kerahasiaan; waktu tunggu yang pendek; dapat berkunjung tanpa perjanjian terlebih dahulu.
  3. Petugas khusus yang peduli remaja, antara lain: menunjukkan sikap menghargai, penuh perhatian, peduli, memiliki motivasi untuk bekerja sama dengan remaja, tidak menghakimi, tidak bersikap dan berkomentar yang tidak menyenangkan atau merendahkan, mampu menjaga kerahasiaan, bersedia memberikan waktu sesuai kebutuhan remaja termasuk pada saat kunjungan ulang, dan dapat memberikan informasi dan dukungan yang dibutuhkan remaja dengan jelas, tepat dan lengkap.
  4. Petugas pendukung yang peduli remaja, antara lain: menunjukkan sikap menghargai, memiliki motivasi untuk bekerja sama dengan remaja, tidak bersikap dan berkomentar yang tidak menyenangkan atau merendahkan, memiliki kompetensi sesuai bidangnya.
  5. Fasilitas kesehatan yang peduli remaja, antara lain: lingkungan yang aman, lokasi yang nyaman dan mudah dicapai, fasilitas yang baik dan menjamin privasi atau kerahasiaan, jam kerja yang nyaman, tidak adanya stigma dan tersedia materi komunikasi-informasi-edukasi yang mendukung.
  6. Partisipasi/keterlibatan remaja, antara lain: remaja mendapat informasi yang jelas tentang pelayanan termasuk cara mendapatkan pelayanan, kemudian membantu menyebarluaskan; remaja dimotivasi menghargai hak orang lain dan haknya sendiri; remaja perlu dilibatkan secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pelayanan.
  7. Keterlibatan masyarakat, antara lain: mengetahui keberadaan pelayanan tersebut dan menghargai nilainya; mendukung kegiatan dan membantu meningkatkan mutu pelayanannya.
  8. Berbasis masyarakat, menjangkau ke luar gedung serta mengupayakan pelayanan sebaya.
  9. Pelayanan harus sesuai dan komprehensif, antara lain: menyediakan paket komprehensif dan rujukan ke pelayanan terkait remaja lainnya; menyederhanakan proses pelayanan, meniadakan prosedur yang tidak penting.
  10. Pelayanan yang efektif, antara lain: memiliki pedoman dan prosedur tetap penatalaksanaan yang sudah teruji; memiliki sarana dan prasarana cukup; serta mempunyai sistem jaminan mutu bagi pelayanannya.
  11. Pelayanan yang efisien, antara lain memiliki sistem informasi manajemen termasuk tentang biaya dan pemanfaatan informasi.

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.