Sejarah  Hari Perempuan Sedunia

Selamat hari perempuan sedunia Sobat Bronis……

Sobat bronis pasti tau kan?? Setiap tangal 8 Maret perempuan-perempuan di seluruh dunia merayakanya sebagai Hari Perempuan Sedunia, atau bahasa kerennya “International Woman Day” (IWD). Nah.. kalo sejarah dari IWD itu sendiri sobat bronis udah tau belum??? kalo belum tau, baca yaaa artikel dibawah ini!!

Sebenernya agak sulit menilik sejarah berawalnya IWD ini sobat bronis, pasalnya diawal diselenggarakanya, IWD tuh selalu berpindah-pindah tanggal. Pada tahun 1908, 15.000 perempuan di Newyork city, USA turun kejalan untuk menuntut upah yang layak, hak suara, dan jam kerja yang lebih pendek.

Setahun kemudian, pada tanggal 28 Februari 1909, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikanya sebagai Hari Perempuan Internasional. Pada tahun 1910, seorang wanita bernama Clara Zetkin, mengajukan gagasan tentang Hari Perempuan Internasional. Dia menyarankan agar setiap negara memperingati hari perempuan setiap tahun, agar perempuan dapat menyampaikan tuntutan mereka. Lebih dari 100 wanita di 17 negara menyetjui hal tersebut. Pada 19 Maret 1911 Hari Perempuan Internasional dirayakanuntuk pertama kalinya.

Pada tahun 1913 IWD mulai dirayakan pada tanggal 8 Maret, dan baru di sahkan oleh PBB pada 8 Maret 1975. Tujuan awal dari IWD sebenarnya adalah menuntut upah yang layak dan kesetaraan gender.

 

Nah… sekarang udah tau kan sejarah singkatnya IWD sobat Bronis… jadi, sebagai manusia-manusia yang menjunjung tinggi kesetaraan, kita wajib saling menghargai perbedaan ya sobat Bronis!!.

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.