Seorang atlit lari dari Afrika Selatan, Caster Semenya, memiliki kadar testosteron tiga kali lebih banyak yang ditemukan pada perempuan. Kadar ini justru hampir mendekati kadar testosteron yang dimiliki oleh laki-laki. Semenya juga tidak memiliki rahim atau indung telur namun ia memiliki testis internal. Hal ini disebabkan karena ia berada dalam kondisi hiperandogenisme, yang menyebabkan tubuhnya memproduksi dan menyerap hormon laki-laki lebih banyak. Dalam dunia kedokteran ia disebut dengan Interseks.

Sedangkan transgender sendiri adalah adanya ketidaksesuaian antara organ kelamin dan identitas gender yang disematkan oleh masyarakat. Semisalnya seseorang lahir dengan organ kelamin penis, maka biasanya secara otomatis dia akan dianggap bergender laki-laki. Namun, dalam perkembangan hidupnya di lubuk hatinya yang terdalam dia mengganggap dirinya bergender perempuan. Dan sejak itu, dia mengganggap dirinya sebagai transgender.

Orang dengan kondisi interseks memiliki kondisi anatomi yang dapat dipertimbangkan apakah laki-laki atau perempuan. Sebagian besar orang dengan kondisi interseks akan membutuhkan perawatan dokter. Sedangkan sebaliknya, seorang transgender memiliki pengalaman internal tentang identitas gendernya yang cukup berbeda dengan orang lain pada umumnya.

Banyak orang yang bingung dengan transgender dan interseks karena keduanya dapat memilih identitas gender mereka yang terkadang membutuhkan perawatan hormon ataupun operasi. Justru di sinilah kemiripannya. Meskipun dalam beberapa kasus yang sangat jarang orang yang memiliki kondisi interseks juga dapat memutuskan untuk mengubah gendernya di masa mendatang. Sehingga sangat memungkinkan juga orang dengan kondisi interseks mengidentifikasikan dirinya sebagai transgender atau transseksual.

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/global/read/2578602/dilema-atlet-olimpiade-dengan-jenis-kelamin-yang-tak-jelas

http://www.isna.org/faq/transgender

https://www.huffingtonpost.co.za/2017/02/08/intersex-vs-transgender-heres-what-you-need-to-know_a_21709480/

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.