Hi Sobat Bronis, sudah tahu Genderbread Person, artian dari genderbread itu adalah infografis mengenai gender yang mencakup ekspresi, orientasi dan seksualitas, alat kelamin dan identitas gender lainnya. Berikut adalah pengertian dari masing-masing penjelasan, dan dari genderbread person ini dapat mempelajari apa itu SOGIEB, Mari simak penjelasannya :

 

SEKS BIOLOGIS  mengacu pada obyektif yang dapat diukur organ, hormon, dan kromosom dimiliki. Menjadi perempuan berarti memiliki vagina, ovarium, dua kromosom X, estrogen dominan, dan kemampuan untuk menumbuhkan bayi.

Menjadi laki-laki berarti memiliki testis, penis, dan XY. konfrontasi kromosom, testosteron yang dominan,
dan kemampuan untuk meletakkan bayi di perut wanita daerah; dan CONTOH interseks seseorang bisa dilahirkan dengan penampilan menjadi laki-laki (penis, skrotum), tetapi memiliki sistem reproduksi wanita fungsional di dalam.

ORIENTASI SEKSUAL adalah ketertarikan secara seksual (fisik) dan emosional (psikis) seseorang terhadap gender tertentu, ketertarikan secara seksual dan emosional tidak berdiri sendiri, saling terkait. Jika salah satu saja BUKAN disebut Orientasi Seksual. Orientasi Seksual seseorang tidak bisa dikenali berdasarkan penampilan – fisik luar

IDENTITAS GENDER, bagaimana seseorang mengidentifikasikan dirinya sesuai dengan gender tertentu. Identitas Gender seseorang tidak bisa diketahui hanya berdasar penampilan – butuh pengakuan dan kejujuran dari orang tersebut. Identitas Gender seseorang belum tentu sama dengan Jenis Kelamin yang dimiliki.  Identitas gender terdiri dari:

  • Laki-laki
  • Perempuan
  • Transgender (mis. Waria)

Ekspresi Gender bagaimana seseorang selanjutnya mengekpresikan sisi maskulin, feminin atau adrogynous dalam penampilan, perilaku, sikap dalam kehidupan kesehariannya. Ekspresi Gender seseorang yang terlihat oleh belum tentu/berkaitan dengan ORIENTASI SEKSUAL orang tersebut.

KETUBUHAN, seseorang mempunyai otoritas penuh untuk tubuhnya!  orang lain tidak berhak mengatur dan apa yang akan kita lakukan keputusan diserahkan kepada kita. Tidak ada satu orang pun, termasuk orang terdekat dengan kita dapat mengintervensi segala sesuatu yang ada di tubuh kita. bersifat mutlak!.

 

Sumber : www.genderbread.org/wp-content/uploads/2017/02/Breaking-through-the-Binary-by-Sam-Killermann.

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.