Sobat Bronis punya teman atau keluarga transgender? Pernah tahu gimana suka duka mereka dalam mengakses ruang-ruang publik? Dari yang paling sederhana aja, toilet umum. Apa sobat Bronis pernah mendengar pengalaman teman transgender saat masuk ke toilet umum? Apalagi di toilet dengan gender yang mereka hayati. Nggak hanya di Indonesia, di belahan bumi lainnya pun masih […]

Read More

Sobat Bronis masih ingat Kompetisi Kreatif Dialog Muda? Selain memilih 3 pemenang terbaik, kompetisi ini juga memilih 1 karya untuk diadaptasi menjadi sebuah film pendek. Tahun ini, narasi karya Utomo Priambodo berhasil mencuri perhatian juri. Film pendek produksi Kepompong Gendut Production ini disutradarai oleh Samaria Simanjuntak. Maka, tahun ini Dialog Muda memiliki film yang berjudul […]

Read More

Teman-teman dari Sanggar SWARA di kegiatan Jalan Sehat wargaPhoto by: Arus Pelangi  Merdeka!! Merdeka!! Merdeka!! Sobat Bronis, kita baru saja memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. 70 tahun sudah kita merdeka. Kalau dibandingkan dengan umur manusia sih, negara kita udah memasuki umur lansia. Banyak dinamika yang terjadi dalam kehidupan bangsa Indonesia. Ya! Negara kita adalah negara yang […]

Read More

Sahabat Muda Bekasi, organisasi remaja yang fokus pada isu dan permasalahan di kelompok gay, waria, dan LSL remaja di Kota dan Kabupaten Bekasi yang berdiri sejak Februari 4 tahun yang lalu.   Pada awal tahun 2015 ini, Sahabat Muda Bekasi membuat sebuah workshop remaja dengan tema Youth Study Sahabat Muda Bekasi 2015. Terdiri dari 15 […]

Read More

“Bencong… Bencong…” Sobat Bronis pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata tersebut. Kata-kata ejekan yang biasa kita dengar sejak kecil saat melihat laki-laki yang tampil feminin. Tidak hanya waria, tetapi juga bagi laki-laki yang dianggap tidak “jantan”. Ya, kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya hal-hal yang disebabkan oleh patriarki dan konstruksi masyarakat biner. Konstruksi itu berkembang […]

Read More

Masih dalam rangkaian agenda Kompetisi Nasional Dialog Muda, GWL-Muda, Hivos, dan Pamflet menyelenggarakan Youth Talkshow 2015. Bertempat di Artotel Thamrin, Jakarta pada Sabtu, 30 Mei 2015. Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 anak muda yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, komunitas, dan identitas seksual. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak muda berusia 15-24 tahun, […]

Read More

Setelah proses penjurian selama hampir satu bulan, para Juri telah menentukan 20 besar Pemenang Kompetisi Kreatif Dialog Muda 2015. Banyak sekali karya menarik yang dikirimkan oleh para remaja di Indonesia. Proses penjurian yang panjang ini melibatkan 28 orang juri yang ahli di bidangnya masing-masing. Tentunya dengan berbagai identitas seksual. Penasaran siapa aja 20 besar itu? […]

Read More

Kompetisi ini terbuka untuk anak muda dari seluruh Indonesia berusia 15-24 tahun, karya yang dikirimkan harus bertema HIV dan AIDS, Seksualitas, dan Kekerasan KARYA KREATIF dengan medium maupun bentuk yang bebas–mulai dari kalimat, paragraf, cerita pendek, puisi, prosa, komik, video, hingga lagu. 20 karya terbaik dari seluruh Indonesia akan diikutsertakan pada kompetisi Global Dialogues International […]

Read More

“Ini adalah langkah awal, masih banyak yang harus dikerjakan terutama mengadvokasi diri sendiri,” ungkap Rebecca, pemenang Miss Waria Remaja 2014.   Sobat Bronis, kalian pasti tahu dong dengan ajang Miss atau pemilihan ratu? Nah, kali ini Brondongmanis akan membahas tentang pemilihan Ratu atau Miss. Beberapa hari yang lalu sebuah organisasi yang mengangkat isu Transgender (MTF/Male-to-Female) […]

Read More

Halo sobat bronis, sekarang kita sudah di penghujung akhir Oktober. Tepatnya tanggal 28. Tau dong kalau sekarang ini kita sedang merayakan momentum terbaik sebagai bagian dari generasi muda Indonesia. sewaktu sobat bronis masih di bangku Sekolah Dasar, pasti pernah di suruh hapalin teks Sumpah Pemuda kan ? Tau maknanya gak sih ? Apa ada keterkaitannya […]

Read More