Sebenarnya tulisan ini saya tulis karena saya tergelitik melihat quote diatas yang mengartikan bahwa kita terlalu letih untuk menjadi terlihat normal. Saya sangat sepakat dengan pernyataan diatas, karena kita semua adalah unik dan tidak bisa menjadi normal seperti apa yang masyarakat harapkan. Hampir semua dari kita menghabiskan porsi dari hidup kita berharap bahwa kita menjadi […]

Read More

Hidup menjadi gay tentunya sangat banyak tantangannya. Namun, tantangan itu ada untuk dihadapi bukan ? Kehidupan memang  terlalu keras untuk dijalani. Tetapi, bagaimanapun juga sekeras apapun kehidupan ini memang harus terus berjalan. Terlepas dari apapun. Termasuk identitas dan status sobat bronis. Namun, perlu sobat bronis sadari, bahwa dalam menghadapi hiruk pikuk duniawi ini, ada satu […]

Read More

Hey sobat bronis, seberapa jauh kamu mengenal Transgender ? Mungkin kamu cukup familiar dengan kata Waria, namun pernah kah kamu mendengar kata Priawan ?  Di Indonesia, Transgender perempuan (waria) ataupun Transgender laki-laki (priawan) masih belum terepresentatifkan dalam sistem kehidupan bermasyarakat dengan baik. Keterwakilan kelompok ini dalam politik, pemerintahan dan media nihil adanya. Sehingga sering kali […]

Read More

Hidup di negara dengan tingkat kebencian terhadap kelompok LGBT yang tinggi terkadang membuat setiap kita, baik dari para Gay, Lesbian, Biseks dan Transgender harus dituntut untuk menciptakan suasana senormal mungkin di mata orang-orang awam. Terkadang pula orang menjadi orang lain (introvert) hanya karena hal ini. Kita sama-sama dilahirkan dan dibesarkan di negeri yang sama, sama-sama […]

Read More

Hai sobat bronis, pernah nggak sih berada dalam keadaan antara pilih  teman atau pacar ? Keadaan ini akan membuat siapapun merasa bimbang dan galau setengah mati. Di satu sisi, dia adalah teman yang selalu ada untuk Kamu, baik saat senang ataupun sedih. Di sisi lain, kamu juga sangat mencintai kekasih kamu yang telah memberi warna […]

Read More

Barangkali sobat bronis pasti sudah tahu apa itu Grindr ? Betul banget, Grindr adalah sebuah aplikasi sosial media mobile berbasis GPS (Global Positioning System) yang khusus diciptakan untuk gay yang dapat diunduh melalui smartphone. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Grindr, sebenarnya bagaimana sih cara kerja Grindr ? Cara kerja Grindr adalah dengan mendeteksi perangkat terdekat lain […]

Read More

Sobat bronis, baik kelompok heteroseksual maupun homoseksual pasti memiliki perasaan yang disebut dengan cinta. Yah, semacam perasaan spesial ke orang lain yang tumbuh secara tanpa sadar di dalam hati kita. Tiap individu memiliki definisi yang berbeda dalam mengartikan cinta. Love is never wrong, cinta itu nggak pernah salah. Kepada siapa ia mencintai, dan siapa pula […]

Read More

Heteroseksual, Homoseksual, Biseksual, dan.. Panseksual ? Nah lo, kosakata baru apa nih Bronis ? Mari kita belajar bersama ! Mari kita lihat dari asal katanya. Kata Panseksual berasal dari bahasa Yunani (Pan) yang berarti semua. istilah ini mengambarkan orang-orang yang secara seksual, emosional atau spiritual mampu jatuh cinta dan tertarik dengan semua orang terlepas dari […]

Read More

Sobat bronis, dari dulu, gue selalu pengen nulis mengenai pengalaman hidup. Tapi yang ada selalu ngerasa kayaknya cerita gue biasa-biasa aja. Gue selalu kepikiran untuk menuangkan isi perasaan gue, tapi selalu gagal, karena gue bingung mesti harus dimulai dari mana. Selain dari tata bahasa Indonesia gue yang jelek, keinginan untuk menulis selalu gagal, cuman jadi […]

Read More

Sobat bronis, apa yang kalian lakukan ketika kalian berhadapan dengan seseorang yang memiliki worldview berbeda dengan kita terkait eksistensi komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) di Indonesia ? Kali ini, penulis akan berusaha mengungkapkan apa yang pernah dirasakan ketika ia harus “berperang pendapat” dengan seseorang yang bisa dikatakan “membenci” kelompok LGBT dengan mengatas-namakan agama. […]

Read More